Profil Progam Studi

 

 

Dr. Abdul Haris, M.A.
Ketua Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam

Magister Pendidikan Agama Islam bertujuan melahirkan Magister (S-2) yang mampu menguasai ilmu-ilmu dasar Studi Islam, mempunyai kemampuan metodologis dalam mengembangkan studi-studi ke-Islaman, serta mampu memahami dan menganalisa fenomena sosial-keagamaan yang berkembang dalam masyarakat. Lulusan Program Studi Agama Islam menyandang gelar kesarjanaan Magister Pendidikan  Agama (M.Pd).

Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, didasarkan pada suatu pandangan pendidikan yang berwawasan masa depan, yakni pendidikan yang dalam pelaksanaannya selalu mempertimbangkan perkembangan yang akan terjadi di masa depan, terutama yang berkaitan dengan perkembangan pemikiran keilmuan Islam dan dinamika masyarakat. Atas dasar pemikiran ini, visi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam adalah menjadi lembaga pendidikan Magister Pendidikan Agama Islam yang unggul di tingkat nasional dan regional Asia Tenggara tahun

Pusat keunggulan yang mampu mengembangkan etos dan tradisi keilmuan berdasarkan cita-cita spiritual dan kemanusiaan dalam paradigma keilmuan Islam serta perkembangan ilmu pengetahuan pada saat ini dan di masa yang akan datang. Dengan ini diharapkan, produk yang dihasilkan dari program ini adalah seorang magister, disamping mampu menguasai dan mengembangkan tradisi keilmuan dalam Islam, juga memiliki wawasan yang terbuka yang melampaui batas-batas keilmuan, bahkan juga ideologi dan agama.

 

Visi
Menjadi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam yang unggul dalam Pengembangan Pendidikan agama dan keagamaan Islam di tingkat Internasional pata tahun 2030.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis inter dan multidispliner di bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam.
2. Mengembangkan penelitian dan publikasi ilmiah di bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam untuk pengembangan IPTEKS.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam untuk pemberdayaan masyarakat.
4. Mengembangkan jejaring dan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan dan non-pendidikan terkait di tingkat nasional dan internasional dalam penyelenggaraan kegiatan Catur Dharma UMM.

Tujuan
1. Menghasilkan magister yang memiliki kompetensi personal, pedagogis, profesional, dan sosial, sebagai pendidik dan pemimpin di bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam.
2. Menghasilkan magister yang memiliki kemampuan metodologis untuk pengembangan IPTEKS di bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam dengan pendekatan inter dan multidisipliner yang terpublikasikan di forum ilmiah dan jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi.
3. Menghasilkan magister yang memiliki kemampuan melakukan pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan inter dan multidisipliner di bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam.
4. Menghasilkan magister yang memiliki kemampuan inovasi di bidang pembelajaran pendidikan agama dan keagamaan Islam.

 


Dr. Romelah, M.Ag.
Sekertaris Prodi Magister Pendidikan Agama Islam

Prospek Lulusan
Setelah menyelesaikan studi, lulusan program studi ini dapat menekuni pada berbagai pilihan profesi, yaitu
1. Pendidik dan pemimpin di bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam, baik sebagai guru maupun dosen  
2. Peneliti pada bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam
3. Inovator di bidang pembelajaran pendidikan agama dan keagamaan Islam

Prodi PAI S2 UMM ini memiliki kekhasan tersendiri,  sehingga mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset,  hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. Kompetensi ini terakomodir pada kegiatan perkuliahan selama 3 semester dengan kekhasannya pada:  
1. Pendidik (guru/dosen) PAI, untuk meningkatkan profesi ini dengan didukung mata kuliah AIK, Filsafat  Pendidikan Islam, Teori-teori Pendidikan Islam, Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Kajian Interdisipliner Pendidikan Berbasis Al-Qur’an dan Al-Hadits dan Pendidikan Nilai.
2. Peneliti PAI, untuk meningkatkan profesi ini dengan didukung mata kuliah Metodologi Penelitian PAI, proposal Tesis, Seminar Hasil Penelitian dan Tesis. Mata Kuliah ini disajikan, agar mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional
3. Inovator Pembelajaran PAI, untuk meningkatkan profesi ini dengan didukung mata kuliah Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran PAI, Pengembangan Bahan Ajar dan Media PAI, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Pengembangan Evaluasi PAI.  

Beban dan Lama Studi
Beban studi yang harus diselesaikan oleh mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam sekurang-kurangnya 42 SKS yang didalamnya terdiri dari mata kuliah wajib dan penulisan tesis, masa studi 1,5 (satu setengan tahun) hingga 4 (empat)  tahun.

Gelar Akademik
Program studi Magister Pendidikan Agama Islam memberi gelar kepada lulusannya Magister Agama Pendidikan Islam (M.Pd).



 

Profil